Home » » Jembatan Tukad Bangkung: Terpanjang di Bali dan Tertinggi di Asia

Jembatan Tukad Bangkung: Terpanjang di Bali dan Tertinggi di Asia

Written By info on Minggu, 17 Maret 2013 | 06.03

Jembatan jangkung dan panjang yang diberi nama Tukad Bangkung ini diresmikan penggunaannya pada Desember 2006.
 
Tak tanggung-tanggung, Jembatan Tukad Bangkung ini konon menghubungkan tiga kabupaten sekaligus: Badung, Bangli dan Buleleng. Tak hanya itu, Tukad Bangkung juga diklaim sebagai jembatan yang paling tinggi di Asia. Hebat, kan?
Terpanjang
 
Kalau terpanjang, berapa panjangnya Jembatan Tukad Bangkung itu? Jembatan ini pantas saja disebut-sebut sebagai yang terpanjang di Bali karena memiliki panjang sampai 360 meter, lebarnya 9,6 meter, dan ketinggian pilarnya mencapai 71,14 meter dengan pondasi yang menancap sampai ke bawah tanah sedalam 41 meter. Lebih aheng lagi, karena jembatan ini memakai teknologi balanced cantilever, dengan estimasi usia pakai mencapai 100 tahun.
 
Jembatan ini didesain supaya bisa melihat berbagai pemandangan alam yang berada di sekitarnya. Makanya tak heran jika jembatan ini tanpa menggunakan atap. Jembatan Tukad Bangkung juga konon bisa tahan gempa yang mengguncang sampai 7 skala richter.
Jembatan itu menggantikan jembatan lama yang letaknya berada 500 meter di arah selatan Jembatan Tukad Bangkung.
 
Berapa biaya untuk membangunnya? Sebanyak Rp 49 miliar dihabiskan untuk membangun jembatan terpanjang itu. Dana miliaran itu berasal dari APBD Provinsi Bali dengan sistem multiyears sejak tahun 2001 lalu. Pembangunan jembatan itu sekaligus memangkas jarak di jembatan lama sepanjang 6 kilometer. Tak sia-sia jembatan ini dibangun karena selain difungsikan untuk menghubungkan tiga kabupaten, juga kini dijadikan sebagai lokasi wisata alternatif masyarakat di sekitar Badung dan Denpasar.
Bahkan pada waktu hari raya tertentu seperti Galungan dan Kuningan jembatan ini menjadi obyek wisata yang padat pengunjung. Tidak jarang masyarakat dari jauh seperti Tabanan paling barat dan masyarakat dari Karangasem sekalipun rela jauh -jauh datang cuma untuk melihat sebuah jembatan tukad bangkung. Melihat antusias pengunjung yang begitu besar terhadap jembatan itu membuat para pedagang tidak mau ketinggalan untuk mengais rejeki dengan mendirikan warung-warung semi permanen di sekitar jembatan tersebut.
Lokasi
       
Selamat Berkunjung!
sumber:http://bali.panduanwisata.com/spot-wisata/jembatan-tukad-bangkung-terpanjang-di-bali-dan-tertinggi-di-asia/
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. arsipku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger